Sayyidina Abu Bakar As Siddiq

Sayyidina Abu Bakar As-Siddiq Rady Allahu anhu adalah Sahabat yang diberkahi Nabi Muhammad sallallahu alayhi wa Sallam, yang pertama di antara manusia untuk menerima Islam, dan benar-terbimbing Khalifa pertama atau penerus. Dia adalah pejuang Perang Badar. Dia adalah ayah dari Sayyidatina Aisyah Rady Allahu Anha.

Sayyidina Abu Bakar Rady Allahu anhu adalah dua tahun lebih muda dari Nabi sallallahu alayhi wa Sallam. Nama aslinya adalah Abdul Kaba, hamba Ka’bah, tetapi ketika ia menjadi seorang Muslim, namanya diubah menjadi Abdullah. Ia mengadopsi nama Abu Bakar yang merupakan nama panggilan orang kepadanya oleh.

Sejak ia masih muda, dia adalah seorang yang baik dan orang yang tegak. Dia memiliki rasa hormat dari orang banyak, terutama dari Nabi sallallahu alayhi wa Sallam. Dia adalah orang kaya dan murah hati. Semua orang percaya padanya karena ia memiliki hati yang baik dan tidak ada yang bisa menghentikannya dari melakukan hal yang benar.

“Abu Bakar tidak ragu-ragu untuk menerima Islam”, Nabi sallallahu alayhi wa Sallam kata. Dia menyebarkan Islam dalam cara apapun bisa, dan di manapun Nabi sallallahu alayhi wa Sallam pergi, ia pergi. Ia melindungi Nabi sallallahu alayhi wa Sallam dari segala sesuatu, bahkan ular, karena ia tidak peduli bahkan jika ia sendiri terluka.

Dia membantu banyak orang dan memiliki judul Siddiq. Siddiq adalah orang yang benar. Beliau memperoleh gelar ini karena imannya terlalu kuat untuk terguncang oleh apa pun.

Sayyidina Abu Bakar Rady Allahu anhu ikut ambil bagian dalam semua pertempuran. Di Tabuk, ia bahkan mengambil semua hal untuk membantu ekspedisi. Ketika Nabi sallallahu alayhi wa Sallam bertanya: apa yang telah Anda disimpan untuk diri sendiri? Dia menjawab: apa-apa. Allah Subhanahu wa Ta’ala dan Nabi-Nya sallallahu alayhi wa Sallam sudah cukup bagi saya.

Ketika Sayyidina Abu Bakar Rady Allahu anhu menjadi Khalifah Islam setelah Nabi sallallahu alayhi wa Sallam meninggal dunia, ia mengatakan kepada orang: “Wahai manusia, saya telah terpilih sebagai pemimpin Anda meskipun saya tidak lebih baik dari orang dari antara kamu. Jika saya melakukan yang baik, beri aku dukungan Anda. Jika saya salah, membuat aku benar. Dengar, kebenaran adalah kejujuran, dan ketidakbenaran adalah ketidakjujuran. Yang lemah di antara kamu yang kuat di mata saya selama saya tidak mendapatkan mereka karena mereka, Allah bersedia. Yang kuat di antara kamu yang lemah di mata saya selama saya tidak mengambil dari mereka apa yang disebabkan oleh orang lain, bersedia Allah. Dengar, jika orang menyerah berjuang untuk jalan Allah, Allah turunkan aib pada mereka. Jika orang menjadi pelaku kejahatan, Allah menurunkan bencana pada mereka. Dengar, Anda harus mematuhi saya selama saya taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Jika aku mendurhakai Allah dan Rasul-Nya, Anda bebas untuk tidak mematuhi saya. ”

Sayyidina Abu Bakar Rady Allahu anhu meninggal dunia pada usia enam puluh tiga. Saya percaya dia adalah salah satu orang paling menakjubkan dalam Islam, benar-benar dalam kemanusiaan seluruh dunia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: